Mengotomatiskan Bisnis Dengan Toko Online - Kusnadi Komputer
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
  • Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri
  • SMK yang memiliki kesetaraan dalam Ilmu dan Teknologi, Mampu bekerja, Ber-akhlak mulia, dan selalu Ikhlas dalam Pengabdian.
  • Layanan Hosting serta desain website, sehingga akan menjadi sebuah solusi lengkap untuk kebutuhan website bisnis anda.
  • Sajikan saat hangat dengan secangkir teh, saya percaya, Anda akan mendapat pujian dari keluarga tercinta. Selamat Mencoba.
  •  Wujudkan impian anda untuk segera HAMIL.
  •  Hanya dengan satu akses untuk pencarian dari 47.732.098 pekerjaan yang dipublikasikan oleh 70.845 situs di dunia

Senin, 06 Juni 2011

Mengotomatiskan Bisnis Dengan Toko Online


Era marketing sudah berubah; cara-cara memasarkan produk di era agraris dan era industri sudah tidak lagi relevan di era informasi seperti saat ini. Ini diamini pula oleh pakar marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya dalam bukunya, new wave marketing. Dalam buku tersebut ada ungkapan yang intinya adalah bumi tetap bulat, namun pasar adalah datar. Itulah yang terjadi saat ini, dan itu sebabnya kenapa konsep toko online kini makin booming di kalangan pengusaha, baik itu UKM maupun pengusaha kelas besar.

Dulu, mengelola toko tidak semudah sekarang. Untuk bisa terkenal di berbagai penjuru tanah air atau bahkan di penjuru dunia, para pemilik toko harus membuka cabang di banyak tempat. Tentunya ini akan menghabiskan modal yang tidak sedikit. Mulai dari riset pasar setempat hingga pembiayaan untuk mendirikan toko di daerah tersebut. Namun, lagi-lagi semua masalah tersebut terjawab dengan adanya konsep toko online.
Lantas apa yang dimaksud dengan toko online itu sendiri? Toko online merupakan virtualiasi dari toko real yang dimiliki para pengusaha di dunia maya. Jika di dunia nyata toko berupa gedung (entah milik sendiri atau sewa), maka di dunia maya toko online berupa sebuah website.
Fungsi dan cara kerja, baik itu toko real ataupun toko online pada dasarnya hampir sama. Sama-sama menyediakan etalase untuk memajang produk. Hanya saja pada toko online, etalase digantikan gambar-gambar produk yang dijual. Tentunya gambar itu adalah perwakilan dari produk-produk yang sebenarnya, yang dijual di toko real oleh pemilik produk yang bersangkutan.
Konsep toko online ini menarik sekali. Mengapa? Karena pemilik produk bisa memiliki pangsa pasar yang sangat luas, meskipun toko yang dimiliki hanya satu saja. Dengan toko online yang berupa website dan terhubung dengan koneksi internet, maka tentu toko online ini bisa diakses oleh siapapun dari negara manapun asalkan terhubung dengan internet. Selebihnya, tinggal dipikirkan saja biaya ongkos kirimnya, dan itupun bisa dibebankan kepada konsumen.
Sama halnya dengan toko real, toko online pun punya ‘karyawan’ yang nantinya akan mengurus semuanya mulai dari :
- mencatat pemesanan
- mengirim pemberitahuan mengenai pemesanan kepada calon pembeli
- memberitahukan kemana calon pembeli harus mentransfer uangnya
- memberitahukan laporannya kepada pemilik toko via email
- bahkan mencatat konfirmasi dari calon pembeli bila sudah menyelesaikan transaksi pembelian
Semua pekerjaan yang ada di list yang sudah disebutkan diatas akan dilakukan secara otomatis 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu, bahkan ketika si pemilik toko yang sebenarnya hanya ingin tidur dan jalan-jalan. Siapa yang dimaksud karyawan dalam toko online ini? Script toko online yang memang dirancang untuk itu, sehingga nantinya pemilik toko tinggal mengurus pengiriman barangnya saja, setelah transaksi selesai. Itulah kelebihan toko online.
Berapa kira-kira modal untuk membangun sebuah toko online? Murah sekali. Anda bisa menggunakan blog berbasis wordpress. Tinggal pilih, mau gratisan atau mau berbayar. Kalau berbayar tinggal beli domain dan hosting di penyedia layanan tersebut yang notabene saat ini banyak sekali. Kalaupun mau gratis, tinggal gunakan hosting dan domain gratisan. Mudah bukan.
Oh ya, ada juga script yang memang dirancang untuk toko online dan gratis seperti osCommerce yang kehandalannya cukup diakui.  Yang terbaru dan cukup baik adalah PrestaShop yang malah menyediakan support bahasa Indonesia. Mau mencoba?
Popularity: 6% [?]
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar