Ujian Kompetensi TKJ 2012: Pembahasan Materi Persiapan Ujian Kompetensi - Kusnadi Komputer
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
  • Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri
  • SMK yang memiliki kesetaraan dalam Ilmu dan Teknologi, Mampu bekerja, Ber-akhlak mulia, dan selalu Ikhlas dalam Pengabdian.
  • Layanan Hosting serta desain website, sehingga akan menjadi sebuah solusi lengkap untuk kebutuhan website bisnis anda.
  • Sajikan saat hangat dengan secangkir teh, saya percaya, Anda akan mendapat pujian dari keluarga tercinta. Selamat Mencoba.
  •  Wujudkan impian anda untuk segera HAMIL.
  •  Hanya dengan satu akses untuk pencarian dari 47.732.098 pekerjaan yang dipublikasikan oleh 70.845 situs di dunia

Senin, 19 Maret 2012

Ujian Kompetensi TKJ 2012: Pembahasan Materi Persiapan Ujian Kompetensi

Ujian Kompetensi TKJPada tahun 2012 ini, Soal Ujian Praktik Kompetensi Kejuruan terdiri atas 3 (tiga) paket soal, masing-masing Paket soal terdiri atas 2-4 Soal Praktikum. Soal-soal tersebut pada dasarnya cukup simpel, tak memiliki kesulitan yang cukup tinggi, sebab penyelesaian soal-soalnya dapat diselesai menggunakan konfigurasi Server Dasar. Terkadang peserta Ujian Praktik Kompetensi Kejuruan sangat kakuh saat menghadapi Ujian tersebut, namun menurut penulis, soal-soal tersebut tidak begitu sulit bahkan sangat mudah, jika Peserta Ujian sudah memiliki dasar atau pemahaman tentang Sistem Operasi Server (Sistem Operasi Linux) sebelumnya. 
Banyak Sekolah Menengah Kejuruan yang membuka Jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) namun, mereka tidak paham bentul apa sebenarnya Komputer & Jaringan itu., dan terkadang sekolah bersangkutan berpikirian bahwa Jurusan TKJ itu, lapangan kerjanya seperti Toko-toko Komputer, Perkantoran yang membutuhkan tentang IT yang pekerjaan hanyak sebatas Ms-Office, dan lain sebagainya., akan tetapi Jurusan Teknik Komputer & Jaringan memiliki Output ke arah Jaringan yang cukup Modern, seperti Pembangunan Jaringan antar kota misalnya, Penerapan Sistem Jaringan yang dapat saling berhubungan antara kota 1 dengan kota yang lainnya, itu sebenarnya output dari jurusan Teknik Komputer & Jaringan.,
Untuk Menjadi Seorang Teknisi Komputer tidak memerlukan sebuah pendidikan secara formal, cukup dengan memahami dasar Teknisi Komputer dan bekerja di Toko Komputer, sudah bisa jadi Teknisi Komputer Handal. Materi Pembelajaran atau kurikulum pembelajaran di SMK jurusan TKJ sebenarnya sejak Siswa duduk di Kelas 1 SMK, sudah harus diperkenalkan tentang Dasar Linux Operating System, sebagai System Operasi Jaringan., jika SMK-SMK menerapkan hal tersebut, penulis rasa Soal-soal praktikum Ujian Kompentensi Kejuruan TKJ tidak akan membuat Guru-guru Mata Diklat Produktif kewalahan. Okey.., itu hanya sekedar pengantar dari penulis, yang menjelaskan secara singkat tentang jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK., berikut pembahasan inti dari postingan ini:

Pembahasan Soal Ujian Kompetensi TKJ

Semua Paket soal Ujian Praktik Kompetensi Kejuruan TKJ, memberikan ketentuan bahwa PC Server harus menggunakan OS Linux, distribusi tidak di tentukan., Anda dapat menggunakan Distribusi Linux apapun, yang penting OS tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan Soal-Soal Praktik tersebut. Pada pembahasan ini Penulis menggunakan Distribusi Linux Debian.
Untuk menyelesaikan Soal-soal Praktikum Ujian Kompetensi diharuskan kepada setiap Peserta Ujian, memahami tata cara Instalasi Sistem Operasi Linux dengan Baik, dalam hal ini Distribusi Linux Debian. Pemahaman Instalasi Linux yang perlu dipahami yakni bagaian pembuatan partisi, sebab hal terpenting dari Instalasi Sistem Operasi Linux yaitu Partisi. Pembuatan Partisi Linux dengan Partisi Microsoft Windows jelas berbeda. 

A. Pembahasan Instalasi Linux Debian
Instalasi GNU/Linux Debian terdiri atas beberapa mode Instalasi yaitu Mode Text dan Mode GUI (Graphics User Interface). Perbandingan mode instalasi antara Mode Text dan Mode GUI yaikni terdapat pada kecepatan dan kemudahannya. Pada mode text instalasi lebih cepat, namun  Perangkat input device yang dapat digunakan hanyalah keyboard, sedangkan pada mode GUI Perangkat Input device yang dapat digunakan keyboard dan mouse.
Tingkat kesulitan dari Mode instalasi text yaitu terlihat pada proses dan langkah-langkah instalasinya, namun dengan demikin Mode Instalasi text lebih cepat dibandingkan Instalasi GUI. Hal yang membuat Mode Instalasi GUI kurang cepat dibandingkan Mode Text yaitu Model Instalasi GUI memerlukan memori yang cukup besar untuk melakukan instalasi secara normal, sedangkan Mode Instalasi Text tidak memerlukan Memory yang cukup besar.
Instalasi Debian GNU/Linux berbasis GUI pertama kali tersedia pada versi Debian 4 dengan codename “Etch”. Mode GUI ini, memang sangat memudahkan dalam proses Instalasi Debian, karena kemudahan dalam proses instalasinya. Pada Module ini akan dipaparkan tentang cara Instalasi Debian GNU/Linux dengan Mode text. Mengapa penulis menggunakan mode text pada Module ini ? Sebab penggunaan Mode Text lebih cepat dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses.
Untuk pembahasan selanjutnya silahkan klik link Download Berikut:

B. Pembahasan Soal Ujian untuk Semua Paket

Untuk mendapatkan Materi Persiapan Ujian Kompentesi dalam bentuk PDF, silahkan klik beberapa link berikut:
Silahkan dibaca baik-baik semua materi yang disajikan pada Blog/Situs ini., semoga bermanfaat bagi Anda. Doa Penulis menyertai Anda., semoga dengan adanya postingan ini dapat membuat Anda lulus Ujian Praktik Kompetensi Kejuruan TKJ 2012.

**** Selamat Membaca ****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar