Membangun Jaringan LAN untuk UKM - Kusnadi Komputer
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
  • Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri
  • SMK yang memiliki kesetaraan dalam Ilmu dan Teknologi, Mampu bekerja, Ber-akhlak mulia, dan selalu Ikhlas dalam Pengabdian.
  • Layanan Hosting serta desain website, sehingga akan menjadi sebuah solusi lengkap untuk kebutuhan website bisnis anda.
  • Sajikan saat hangat dengan secangkir teh, saya percaya, Anda akan mendapat pujian dari keluarga tercinta. Selamat Mencoba.
  •  Wujudkan impian anda untuk segera HAMIL.
  •  Hanya dengan satu akses untuk pencarian dari 47.732.098 pekerjaan yang dipublikasikan oleh 70.845 situs di dunia

Sabtu, 21 Mei 2011

Membangun Jaringan LAN untuk UKM



Mengintegrasikan di semua komputer para karyawan menjadi satu link agar mempermudah pengawasan dan operasional, terutama yg berkaitan dengan data-data pelanggan dan updatenya. Jika ingin seperti itu apa yg harus saya lakukan. Apa saja yg harus diperhatikan agar dg sistem baru tersebut data-data perusahaan tetap aman. ???

Jika komputer-komputer yang ada adalah masih dalam satu area lokasi maka solusinya untuk mengintegrasikan semua komputer tersebut ke dalam satu jaringan komputer atau biasa di sebut Local Area Network (LAN).
LAN ini dapat dibuat dengan minimal 2 komputer. Sehingga dapat berbagi/sharing semua sumber daya dan perkerjaan di komputer dengan pemakai/user komputer lainnya. Pemakaian sumber daya LAN yaitu :
1. File Sharing, yaitu berbagi dan bertukar file-file/dokumen.
2. Email, yaitu surat elektronik yang dapat dikirimkan ke internal maupun external melalui internet
3. Internet Koneksi, yaitu berbagi akses internet kepada semua komputer yang tersambung.
4. Antivirus Server, yaitu memastikan semua komputer terinstall antivirus dan memastikan ter-update dengan otomatis dari server.
5. Printer Sharing, yaitu berbagi printer dengan komputer lainnya sehingga tidak mesti satu komputer satu printer.
6. Chatting, yaitu layanan komunikasi seperti messenger, bisa untuk internal dan external (internet).
7. Aplikasi dan database sharing, yaitu jika ada aplikasi yang diinstall dan  menggunakan satu database di server.
8. Monitoring yaitu melakukan monitoring secara umum untuk pemakaian komputer dan jaringan lokal maupun internet.
Dan banyak manfaat lainnya, pastinya dengan LAN maka pekerjaan akan lebih cepat dan meningkatkan kinerja kerja.
Langkah pertama untuk menjadikan LAN ditempat anda adalah mempersiapkan infrastrukturnya. Untuk infrastruktur yang diperlukan adalah :
1. Pastikan semua komputer/notebook tersedia kartu network. 
2. Perlu satu Switch Hub Ethernet, yaitu semacam alat seperti dekoder yang nm,.mnmnmnjhfdqaq memparalelkan/menyambungkan kartu network di semua komputer.
3. Kabel CAT-5 dan Jack RJ-45 dengan komposisi Straight-Through Wiring, panjangnya kabel tergantung dengan lokasi setiap komputer
4. Server (jika diperlukan/jika ada aplikasi khusus).
5. Internet Koneksi (jika perlu).
Jika semua sudah terhubung dan terinstall maka sumber daya yang ada di LAN dapat di maksimalkan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada.
Untuk aplikasi yang menunjang tujuan pengawasan dan operational dapat dipilih beberapa alternatif :
1. Membeli aplikasi yang sudah jadi di pasaran sesuai dengan bisnis dan operational yang ada
2. Membuat aplikasi (bisa diserahkan ke pembuat aplikasi/software house atau team IT Anda) yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan operational
Pemilihan pembuatan aplikasi diatas sangat tergantung juga dengan faktor biaya, waktu dan kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan operational.
Jika memang ada aplikasi jadi yang sesuai dengan kebutuhan kita, baiknya beli aplikasi jadi tersebut karena akan menghemat waktu dan harga pun bisa lebih murah.
Namun jika tidak ada aplikasi jadi yang sesuai dengan operational bisnis Anda maka saran kami untuk membuat aplikasi tersebut kepada software house atau jika Anda mempunyai team IT maka team tersebut yang membuatnya, untuk pembuatan aplikasi ini perhatikan juga target waktu yang diinginkan. Karena makin lamanya waktu maka makin besar biayanya.
Dengan aplikasi tersebut maka database perusahaan malah dapat lebih aman karena terintegrasi di satu system. Setiap pemakai/user akan mempunyai keterbatasan hak akses / authorisasi sesuai hak akses yang diberikan oleh pemilik bisnis atau managernya. Sehingga data akan hanya diakses oleh user yang telah diberi ijin akses oleh manager atau bisnis ownernya.
Setiap teknologi pun ada kekurangannya dalam hal keamanan, untuk antisipasi agar data tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum di bisnis Anda maka dapat dibatasi / pengamanan akses-akses yang memungkinkan data tersebut keluar. Akses-akses tersebut dapat dari email, internet, flash disk, cd/dvd dan media lainnya. Faktor keamanan data yang penting lainnya adalah bebasnya komputer kita dari virus, maka pastikan antivirusnya selalu terupdate.
Demikian jawaban saya, mudah-mudahan dapat terbantu dan bermanfaat.
Sukses untuk bisnis Anda. Salam teknologi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar