Membuat Server Dan Install XAMPP Di Komputer Pribadi - Kusnadi Komputer
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
  • Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri
  • SMK yang memiliki kesetaraan dalam Ilmu dan Teknologi, Mampu bekerja, Ber-akhlak mulia, dan selalu Ikhlas dalam Pengabdian.
  • Layanan Hosting serta desain website, sehingga akan menjadi sebuah solusi lengkap untuk kebutuhan website bisnis anda.
  • Sajikan saat hangat dengan secangkir teh, saya percaya, Anda akan mendapat pujian dari keluarga tercinta. Selamat Mencoba.
  •  Wujudkan impian anda untuk segera HAMIL.
  •  Hanya dengan satu akses untuk pencarian dari 47.732.098 pekerjaan yang dipublikasikan oleh 70.845 situs di dunia

Senin, 06 Juni 2011

Membuat Server Dan Install XAMPP Di Komputer Pribadi

XAMPP
Tutorial ini menjelaskan bagaimana cara menginstall aplikasi XAMPP untuk membuat server apache local di komputer pribadi secara offline. Tujuan membuat server secara local di komputer pribadi dengan menggunakan aplikasi XAMPP biasanya di manfaatkan oleh seorang web master ataupun seorang blogger untuk merancang sebuah website blog secara offline untuk mengurangi biaya akses internet sebelum di lakukan upload ke web server hosting yang di hubungkan dengan nama domain sehingga memungkinkan bisa di akses secara online di seluruh dunia melalui jaringan internet.

Kenapa harus menggunakan XAMPP sebagai aplikasi untuk membuat server local di komputer pribadi?, yah sebenarnya banyak aplikasi yang bisa di gunakan namun salah satu paket aplikasi server yang paling lengkap adalah XAMPP, karena di dalamnya sudah termasuk PHP, Apache, MySql, Phpmyadmin, dll. Yah tidak perlu lama-lama bahasnya entar pada kabur semua lagi, heheh. Untuk membuat server local di komputer pribadi dengan menggunakan aplikasi XAMPP ada beberapa tahap yang harus di lakukan diantaranya sebagai berikut :

  1. Siapkan aplikasi XAMPP terlebih dahulu, download di alamat http://www.apachefriends.org/en/xampp.html, pastikan aplikasi XAMPP yang di download sesuai dengan jenis operating system yang anda punya,
  2. Oh ya di situ ada dua jenis file XAMMP yang bisa anda download, yaitu versi installer nya (exe) dan versi tanpa installer (zip), silahkan pilih saja yang mana di sukai, Untuk kesempatan ini saya beri contoh instalasi file installer (exe), untuk tanpa installer yah tinggal di sesuaikan.
  3. Double klik file installer XAMPP yang sudah di download, lalu tekan Ok
  4. install XAMPP
  5. Klik tombol Next
  6. install XAMPP Next
  7. Untuk defaultnya biarkan aplikasi XAMPP terinstall di directory C:\xampp, lalu klik Next
  8. Directory install XAMPP
  9. Berikan centang install apache as service, Install MySql as service, Install FileZilla as service, lalu klik Install
  10. install service XAMPP apache, mysql, filezilla
  11. Klik Finish
  12. finish installasi XAMPP
  13. Pastikan kedua service Apache dan MySql dalam keadaan running.
  14. run service apache, mysql, filezilla

Sampai di sini proses installasi sudah selesai, untuk mamastikan server di komputer pribadi kita berjalan, buka aplikasi web browsing seperti Internet Explorer, Mozilla, Google Chrome, atau yang lainnya, lalu ketik alamat url http://localhost/xampp/splash.php

Oh ya kedepan kita akan coba membuat web blog secara offline dengan menggunakan Joomla dan Wordpress yang kita install sendiri di web server kita yang menggunakan aplikasi XAMPP. Jika ada yang kurang jelas denga tutorial ini silahkan di tanyakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar