SEO: Memaksimalkan Penggunaan Breadcrumb Di Blog - Kusnadi Komputer
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
  • Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri
  • SMK yang memiliki kesetaraan dalam Ilmu dan Teknologi, Mampu bekerja, Ber-akhlak mulia, dan selalu Ikhlas dalam Pengabdian.
  • Layanan Hosting serta desain website, sehingga akan menjadi sebuah solusi lengkap untuk kebutuhan website bisnis anda.
  • Sajikan saat hangat dengan secangkir teh, saya percaya, Anda akan mendapat pujian dari keluarga tercinta. Selamat Mencoba.
  •  Wujudkan impian anda untuk segera HAMIL.
  •  Hanya dengan satu akses untuk pencarian dari 47.732.098 pekerjaan yang dipublikasikan oleh 70.845 situs di dunia

Senin, 06 Juni 2011

SEO: Memaksimalkan Penggunaan Breadcrumb Di Blog

SEO Breadcrumb
Saya rasa kawan blogger semua sudah tahu persis apa yang di sebut dengan breadcrumbs dan pasti sebagian besar juga mungkin sudah memasang di blog nya. Sesuai dengan fungsinya, pemasangan breadcrumb di tujukan untuk pengunjung blog agar mudah melakukan navigasi tiap halaman blog kita, selain itu memasang breadcrumb di blog adalah salah satu dari sekian banyak penilaian search engine dalam hal urusan search engine optimization (SEO).

Nah untuk urusan SEO di sini saya akan share sedikit bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan breadcrumb yang dipasang pada blog sehingga lebih maksimal dalam hal SEO pada blog kita. Sebenarnya tujuan mengoptimalkan breadcrumb tidak lain agar fungsinya bisa lebih banyak manfaatnya dan tidak hanya menjadi hiasan blog semata yang sebenarnya jika di optimalkan akan berdampak lebih baik terhadap suatu blog.


Dari pengalaman analisa saya secara pribadi bahwa blog yang mempunyai page rank tinggi dan di pasangi dengan breadcrumb dampaknya sangat luar biasa terhadap search engine khususnya google, ini bisa dilihat dari hasil yang berbeda pada link yang tampak pada hasil SERPs.

navigasi breadcrumb


Dari gambar di atas saya mengambil contoh pada salah satu artikel blog kang rohman terlihat bahwa link yang tampil pada hasil SERP menunjukan adanya navigasi yang ikut tampil juga yang tentunya sesuai dengan category halaman artikel, hal tersebut bisa jadi di karenakan search engine menampilkan navigasi yang di index nya pada breadcrumb.

Setelah mengamati beberapa blog yang mempunyai link navigasi pada hasil SERP tersebut ternyata rata-rata semuanya memasang breadcrumb, tapi perlu di ketahui bahwa sebagian besar blog yang memasang breadcrumb dan mepunyai page rank tinggi belum tentu link pada hasil SERP menampilkan navigasi, ini di sebabkan karena masih kurang maksimal melakukan setting.

Adapun hal-hal menurut saya sehingga navigasi breadcrumb bisa tampil pada link halaman blog dari hasil SEPRS google yang mungkin bisa di jadikan analisa lebih lanjut buat para blogger lain ialah:

Selain memasang breadcrumb juga di optimalisasi dengan bantuan setting permalink yang baik

Untuk blog CMS Wordpress
  • Menggunakan permalink urlblog/category/artikel/ (/%category%/%postname%/) untuk settinggannya
Untuk blog CMS Joomla
  • Secara default sudah menampilkan artile berdasarkan section dan category
Untuk Blogger
  • Meskipun kurang maksimal karena menampilkan link seperti urlblog/year/month/artikel.html tapi tidak masalah karena hal ini bisa di akali dengan optimalisasi breadcrumb yang baik

Selain berpengaruh terhadap permalink ada lagi faktor yang menentukan yaitu setting breadcrumb yang sebaiknya menggunakan tanda > lebih SEO friendly seperti Home > Category > Judul Artikel dari pada menggunakan tanda >> atau /.
Dan pelu di ingat bahwa navigasi yang tampil pada link url juga berpengaruh besar terhadap page rank dari suatu blog, untuk minimal page ranknya berapa saya juga kurang tahu.

Hal di atas merupakan analisa saja yang bisa membantu blogger lain dalam menganalisa lebih lanjut cara memaksimalkan penggunaan breadcrumb, namun jika ada yang kurang atau tidak di setujui dengan pendapat saya, munking bisa memberikan tambahannya dan mengapa demikian !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar