Meningkatkan Security Wordpress Dengan Mengganti Username Default - Kusnadi Komputer
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
  • Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri
  • SMK yang memiliki kesetaraan dalam Ilmu dan Teknologi, Mampu bekerja, Ber-akhlak mulia, dan selalu Ikhlas dalam Pengabdian.
  • Layanan Hosting serta desain website, sehingga akan menjadi sebuah solusi lengkap untuk kebutuhan website bisnis anda.
  • Sajikan saat hangat dengan secangkir teh, saya percaya, Anda akan mendapat pujian dari keluarga tercinta. Selamat Mencoba.
  •  Wujudkan impian anda untuk segera HAMIL.
  •  Hanya dengan satu akses untuk pencarian dari 47.732.098 pekerjaan yang dipublikasikan oleh 70.845 situs di dunia

Senin, 06 Juni 2011

Meningkatkan Security Wordpress Dengan Mengganti Username Default

Banyak cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan security suatu website/blog yang dibuat dengan wordpress, baik itu dengan cara menggunakan tool plugin pihak ketiga, mengatur permission file pada web hosting, menggunakan password yang susah di tebak oleh orang lain, dan masih banyak lagi yang dapat di lakukan dalam meningkatkan security lock sehingga orang lain yang mungkin saja ingin berbuat jahat tidak mudah melakukan hack terhadap website/blog milik kita.

Namun salah satu cara yang dapat digunakan sebagai usaha untuk meningkatkan security web/blog yang di buat dengan cms wordpress yaitu dengan mengganti username default dari wordpress yang di berikan saat di lakukan instalasi pertama kali baik itu di server komputer pribadi (localhost) atau di web hosting yang bisa di akses melalui jaringan internet secara online agar orang lain tidak mudah melakukan hack dengan teknik brute force attack, dictionary attack maupun personal information attack.


Seperti yang di ketahui bahwa saat melakukan instalasi wordpress untuk versi wordpress 2.xx, username yang digunakan tidak dapat di tentukan sendiri alias username yang ada akan di berikan secara otomatis yang default nya adalah username admin, nah bagi anda yang ingin mengubah username admin tersebut dengan nama username yang lain munkin akan sedikit kebingungan, karena untuk megubah tidak dapat dilakukan meskipun anda login di dashboard untuk mengubahnya.

Jadi untuk solusinya, anda bisa mengubah username default wordpress secara langsung melalui database di phpMyAdmin. Untuk detailnya ialah

Masuk ke phpMyAdmin di tempat anda hosting, lalu pilih database web/blog anda yang dibuat dengan menggunakan cms wordpress, selanjutnya pada menu sebelah kanan pilih wp_users setelah itu klik edit yang bertanda icon pensil
phpMyAdmin
Pada halaman edit ubah user_login serta user_nicename sesuai keinginan anda lalu save dengan cara klik tobol Go yang terletak di paling bawah dekat tombol Reset. Silahkan coba lakukan login dengan menggunakan username yang tedi sudah anda ubah.

Oh ya untuk versi wordpress versi 3.xx keatas sekarang sudah mengijinkan untuk menggunakan username serta password sesuai dengan keinginan kita saat proses install wordpress pertama kali.
install wordpress
Yah selamat mencoba dan semoga berhasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar