Persiapan menghadapi FGD pada proses rekrutmen pegawai - Kusnadi Komputer
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
  • Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri
  • SMK yang memiliki kesetaraan dalam Ilmu dan Teknologi, Mampu bekerja, Ber-akhlak mulia, dan selalu Ikhlas dalam Pengabdian.
  • Layanan Hosting serta desain website, sehingga akan menjadi sebuah solusi lengkap untuk kebutuhan website bisnis anda.
  • Sajikan saat hangat dengan secangkir teh, saya percaya, Anda akan mendapat pujian dari keluarga tercinta. Selamat Mencoba.
  •  Wujudkan impian anda untuk segera HAMIL.
  •  Hanya dengan satu akses untuk pencarian dari 47.732.098 pekerjaan yang dipublikasikan oleh 70.845 situs di dunia

Rabu, 11 April 2012

Persiapan menghadapi FGD pada proses rekrutmen pegawai

Persiapan menghadapi FGD pada proses rekrutmen


FGD secara sederhana bisa didefinisikan sebagai suatu diskusi yang dilakukan secara sistematis dan terarah atas suatu isu atau masalah tertentu. Meskipun terlihat sederhana, menjalankan FGD butuh kemampuan tertentu. Beberapa perusahaan atau biro psikologi menggunakan FGD ( Focus Discussion Group) atau Diskusi Kelompok Terarah, ada juga yang menyebutnya sebagai LGD atau Leaderness Group Discussion sebagai salah satu bagian dalam proses seleksi atau dalam pelaksanaan psikotes. Dalam pelaksanaannya, peserta tes akan dibagi menjadi beberapa kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 4 sampai 7 orang. Setiap kelompok akan diberikan sebuah kasus yang harus didiskusikan bersama. Kasus ini bisa berupa isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan media, atau kasus-kasus dimana anda akan dihadapkan pada pilihan-pilihan tertentu atau mungkin juga kasus fiktif yang mungkin tidak akan Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan FGD ini setiap anggota kelompok diharapkan memberikan gagasan atau ide yang dimiliki dalam mencari solusi yang dirasa paling tepat. Waktu yang biasanya diberikan dalam FGD ini antara 20 sampai 30 menit.

Keuntungan menggunakan FGD…??

Beberapa perusahaan atau biro psikologi menggunakan FGD sebagai pengganti wawancara, namun ada juga yang tetap melakukan wawancara walaupun telah dilakukan FGD. Metode FGD ini biasanya dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Efisiensi waktu, sehingga pemandu FGD dapat membuat
    keputusan secara cepat karena FGD mengungkap beberapa aspek sekaligus dari para pelamar kerja
  2. Para pewawancara ingin melihat calon pekerja dari berbagai aspek
    pekerjaan yang diinginkan
  3. Para pewawancara dapat melengkapi beberapa informasi yang telah didapatkan pada tahap sebelumnya.
  4. Para pewawancara ingin melihat kemampuan calon pekerja dalam
    berkomunikasi dalam situasi “under pressure”


Apa yang harus dilakukan ketika FGD…??

Ketika sedang berada dalam tahap ini hal yang penting untuk dipersiapkan adalah rasa percaya diri dan sikap yang tenang. Pertama, pastikan anda menyimak dengan sebaik-baiknya kasus seperti apa yang sedang Anda hadapi sehingga anda memiliki pemahaman yang utuh mengenai kasus tersebut. Dengan pemahaman yang baik ini, anda akan lebih bisa menyikapi kasus tersebut secara kontekstual. Manfaatkan waktu yang diberikan dengan sebaik-baiknya karena biasanya kasus-kasus dalam FGD memiliki beberapa alternatif penyelesaian sekaligus. Jangan terlalu terburu-buru mengambil sikap karena bisa jadi anda belum mempertimbangkan beberapa aspek yang seharusnya anda perhatikan dalam kasus tersebut sehingga alternative solusi yang anda sumbangkan kepada kelompok menjadi kurang efektif. Kedua, bersikaplah proaktif dan komunikasikan ide atau gagasan anda kepada kelompok dengan gaya bahasa dan gesture yang sopan dan wajar. Untuk bisa melakukan ini tentu anda harus percaya diri, percaya dengan kemampuan anda sendiri sehingga orang lain juga yakin dan mendengarkan ide anda dengan seksama. Selanjutnya jangan takut menyanggah pendapat orang lain apabila anda merasa pendapat orang lain tersebut kurang sesuai dengan kasus yang harus disikapi. Argumentasi dari orang lain justru penting agar penyelesaian yang didapatkan kelompok benar-benar sempurna.

Apakah yang dinilai dari FGD…??

Walaupun FGD bentuknya kelompok namun sikap setiap individu juga mendapatkan perhatian karena sebenarnya FGD ini dimaksudkan untuk menilai sikap seseorang dalam menghadapi permasalahan atau situasi di luar dirinya. Bagaimana seseorang melihat permnasalahan, mengkomunikasikan isi pikirannya tapi tetap bis amenghargai ide atau gagasan orang lain serta mengambil sikap pada situasi tersebut. Maka cara ketrampilan komunikasi dan kepercayaan diri menjadi hal yang penting pada FGD.

Sekilas memang FGD terlihat sebagai proses yang sederhana, namun tetap saja proses ini dilakukan untuk melihat profile Anda. Jadi persiapkan diri anda sebaik-baiknya untuk menghadapi tahap ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar