Agar Widget Blogger Tampil Di Halaman Tertentu - Kusnadi Komputer
Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
  • Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri
  • SMK yang memiliki kesetaraan dalam Ilmu dan Teknologi, Mampu bekerja, Ber-akhlak mulia, dan selalu Ikhlas dalam Pengabdian.
  • Layanan Hosting serta desain website, sehingga akan menjadi sebuah solusi lengkap untuk kebutuhan website bisnis anda.
  • Sajikan saat hangat dengan secangkir teh, saya percaya, Anda akan mendapat pujian dari keluarga tercinta. Selamat Mencoba.
  •  Wujudkan impian anda untuk segera HAMIL.
  •  Hanya dengan satu akses untuk pencarian dari 47.732.098 pekerjaan yang dipublikasikan oleh 70.845 situs di dunia

Minggu, 19 Juni 2011

Agar Widget Blogger Tampil Di Halaman Tertentu

Untuk anda pengguna blogger blogpot, tutorial ini menjelaskan bagaimana cara untuk mengatur komponen blog seperti widget (gadget) di sidebar agar tampil di halaman tertentu saja, Untuk contohnya anda bisa melihat pada blog Kusnadikomputer ini pada halaman home (depan) akan ada widget dengan title “Gratis Berlangganan Artikel/Informasi Via E-Mail” yang tampil di sebelah kanan namun ketika anda masuk pada halaman artikel (postingan), maka widget tersebut akan hilanng.

Yah langsung saja, untuk penerapannya sebagai berikut :

  1. Login ke blogger.com menggunakan account anda,
  2. Klik menu link Rancarangan dan setelah itu pilih lagi link tab Edit HTML,
  3. Pada Edit HTML centang Expand Template Widget, sebelum mengedit sebaiknya beck up dulu template untuk jaga-jaga ketika terjadi hal yang tidak sesuai,
  4. Cari title widget / gadget yang akan ditampilkan pada bagian halaman tertentu, untuk contoh blog ini ialah “Gratis Berlangganan Artikel/Informasi Via E-Mail”, tips memudahkan pencarian tekan tombol Ctrl+F,
  5. Setelah ketemu tambahkan kode yang berwarna merah seperti contoh kode dibawah :

    <b:widget id='HTML1' locked='false' title='Gratis Berlangganan Artikel/Informasi Via E-Mail' type='HTML'>
    <b:includable id='main'>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <!-- only display title if it's non-empty -->
    <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
    </b:if>
    <div class='widget-content'>
    <data:content/>
    </div>

    <b:include name='quickedit'/>
    </b:if>
    </b:includable>
    </b:widget>

    Untuk kode yang saya beri warna merah diatas, berfungsi untuk menampilkan widget pada halaman index atau home saja sedangkan ketika pada halaman artikel tidak akan ditampilkan, sedangkan kode yang saya beri warna biru adalah nama unik pada widget itu sendiri yang nantinya akan kita gunakan pada skrip selanjutnnya untuk tujuan menghilangkan stilenya, untuk beberapa widget yang lain mungkin mempunyai nama unik yang berbeda.

  6. Sampai tahap ini sebenarnya widget tersebut sudah tidak akan tampil di halaman postingan namun masih belum optimal, agar lebih memastikan widget tersebut tidak akan tampil lagi di halaman postingan, cari kode </b:if> lalu tambahkan kode dibawah ini tepat diatasnya:

    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <style>
    #HTML1 {display:none;}
    </style>
    </b:if>

    Kode diatas berfungsi untuk menghilangkan style dari CSS terhadap widget dengan nama HTML1 dalam hal ini adalah title “Gratis Berlangganan Artikel/Informasi Via E-Mail” pada halaman postingan, sekali lagi HTML1 adalah nama unik seperti yang saya jelaskan pada poin No 5,

  7. Save template anda dan lihat hasilnya.

Yah itulah salah satu cara untuk mengatur agar widget hanya tampil di halaman tertentu, jika ada yang anda kurang mengerti dari penjelasan saya, jangan ragu untuk bertanya OK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar