informasi Tips Korek Motor Satria FU 150cc drag dan Buat kebut-kebutan setiap hari
Pertama setting CARBURATOR Satria FU 150cc ,
Kita bermain simpel,artinya kita usahakan bermain yang tidak
mengeluarkan biaya banyak contohnya kita bermain di carburator.Biasanya Motor
bawaan pabrik respon awal sangat galak tapi untuk melaju kencang sangat
sulit,itu dikarnakan sepuyer yang dipakai berukuran kecil sehingga
pasokan bensin kurus(kurang) Motor
jadi gesit di putaran bawah tapi top speednya kendor. Semua itu bisa
diatasi dengan mengganti sepuyer pada karburator dengan ukuran yang
lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat
mengakibatkan Motor jadi berebet.
informasi Tips PENGAPIAN Satria FU 150cc
Di dalam Motor standar,pengapian sudah di tentukan atau sudah di batasi dari pabrik atau sering kita sebut pengapian limiter.
Dan itu bisa diatsi dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing,bagi
yang tidak mau mengganti CDI bisa di akali dengan menggeser pengapian.
Cara menggeser pengapian itu juga sangat mudah,kita tinggal melepas
bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan
pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat Motor susah hidup.
informasi Tips garap CAMSAFT (Noken As) Satria FU 150cc
Camsaft atau sering kita sebut NOKEN AS sangat berperan penting dalam mesin berbasis 4TAK sedangkan untuk mesin berbasis 2TAK di tentukan oleh porting,untuk yang satu ini saya tidak bisa mengulas lebih dalam dikarnakan saya takut kalian belum mengerti derajat untuk merubah camsaft untuk mesin 4TAK dan juga berapa milimeter untuk mengangkat porting untuk mesin 2TAK semua itu harus dengan pembelajaran yang serius dan sungguh-sungguh.
Gambar
disamping saya beri nomor urut 1 sampai 3 sebenarnya pada gambar
1sampai 3 semua itu gambar karburator bukan ukuran standar bawaan Motor,
yang bikin motor kita jadi kenceng bisa maenin karburator aja dengan
cara mengganti sepuyernya dengan ukuran yang lebih besar ,tapi ku
saranin buat Motor
yang benar-benar standar kita naikin spuyer jangan terlalu besar
minimal kita naikin 5 sampai maksimal 10,tapi kalo kita mau rombak yang
agak ekstrim lo bisa lemer karbu, biasanya ada batasan buat ngelemer
karbu kita,ku saranin remer 1,5 sampai 2mm,itu juga ga bisa kita kerjain
sendiri kita musti singgah ke tukang bubut.
Jadi gak bisa sembarangan and kita anggap enteng karna kalo lemer karbu resikonya sangat besar,karbu kita gak bisa di balikin jadi standar lagi dan kalo salah sedikit aja pada lemeran kita itu berakibat Motor kita susah di seting dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi gw saranin buat pemula kita cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di balikin jadi standar lagi.palagi buat harian,,,ya gak?????
Tips Kedua :
Ini yang di namain CDI atau banyak orang awam bilang perangkat pengapian tapi sekali lagi gw minta maaf sama kalian karena semua contoh gambar tersebut ku ambil dari internet semua,karna gw gak punya kamera digital maklum orang susah ogogoggi, Buat yang satu ini ku gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam pembelajaran ku CDI atau perangkat pengapian ini sudah di buat permanen,kita semua gak bisa ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa gak idup motor kita alias MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya ,kita liatkan gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI standar pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar biasanya perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER sehingga kita tidak bisa geber motor hingga maksimal karna sudah dipatok hanya bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa lebih ,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada disamping gambar CDI standar tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya. Oleh karna itu ku saranin ma kalian jangan main-main sama perangkat yang satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI yang standar ama yang RACING kalo kalian mau ngedapetin rpm yang maksimal,kan udah banyak perangkat CDI yang di jual di TOKO AKSESORIES,
Tips Ketiga:
garap Noken As (CAMPSAFT)
NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT ,NOKEN AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan bakar yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
Tapi ku punya bocoran sedikit buat kalian bro yang suka bikin kencang motor apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran ku ini bisa lo terapin ama tunggangan kalian,sebelum kalian korek NOKEN AS,kalian harus paham dulu apa aja yang harus kalian perhatiin.
Pertama –tama kalian ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya SIKMAT,trus kalian catat LIFT nya berapa trus LSA nya juga,kalau untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk memangkas campnya,cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah sangar,tapi dalam hal ini kalain bro jangan salah tanggap jangan kalian pikir kalo kalian udah pangkas CAMP nya motor lo langsung ngacir,kalian harus (KUDU)ngukur KOMPRESI motor kalian karna CAMP yang dah kalian ubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar